Minggu, 18 Januari 2015

CONTOH RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN/KEGIATAN PENDUKUNG BIMBINGAN DAN KONSELING



RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN/KEGIATAN PENDUKUNG
BIMBINGAN DAN KONSELING
FORMAT KLASIKAL / NONKLASIKAL
TERJADWAL

  I.     IDENTITAS
A.    Satuan Pendidikan                :  
B.     Tahun Ajaran/Semester       :   2014 / 2015  Semester 2
C.     Sasaran Pelayanan/Kelas     :   VII ( 7 Kelas )
D.    Pelaksana                               :   Hendri
E.     Pihak Terkait                         :  Anak dari orang tua siswa yang beda pendapat tentang study lanjut

II.     WAKTU DAN TEMPAT
A.    Tanggal                                  : 13 Januari 2015
B.     Jam Pelayanan                      : Diluar jam pembelajaran
C.     Volume Waktu (JP)              : 2 JP
D.    Tempat Layanan                   : Di Ruang kelas VII

III.     MATERI LAYANAN
A.  Tema/Subtema            : 1. Tema         : Kelanjutan Study
                                           2. Subtema    : bingung memilih sekolah lanjutan
B. Sumber Materi             : 

IV.     TUJUAN/ARAH PENGEMBANGAN
A.    Pengembang KES      : agar konseli dapat menerima secara positif tentang study lanjut
B.     Penanganan  KES T  : agar konseli terhindar dari pemahaman yang keliru terhadap pemilihan study lanjut yang akan ditempuunya.

V.     METODE DAN TEKNIK
A.    Jenis layanan                         : layanan konseling perorangan
B.     Kegiatan pendukung            :
C.     SARANA
D.    A.    Media                               : tidak menggunakan sarana khusus
E.     Perlengkapan                        : LCD . Laptop

 

VI.     SASARAN PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN / PELAYANAN
Diperolehnya hal-hal baru oleh siswa terkait KES-T (Kehidupan efektif sehari-hari) dengan unsur-unsur AKURS (acuan, kompetensi, usaha, rasa, sungguh-sungguh).
A.    KES    :
1.      Acuan (A)   : hal-hal yang perlu diketahui konseli tentang study lanjut, yaitu:
a.)
    Jenis-jenis sekolah ditingkat SMA
2.      Kompetensi K : kompetensi yang perlu dukuasai konseli untuk menyikapi study lanjut yang harus dipilih, yaitu:
a.       Berkomunikasi, konseli memiliki kompetensi untuk menyampaikan jenis-jenis sekolah ditingkat SMA
b.      Konseli memiliki sikap yang positif terhadap study lanjut yang akan dipilih
3.      Usaha (U) : usaha-usaha yang perlu dilakukan konseli untuk menyikapi dampak dari pemilihan di SMA
a.       Mendengarkan, konseli diminta mendengarkan permasalahan tentang sekolah lanjutan tingkat SMA
b.      Memahami, konseli diminta memahami penjelasan tentang study lanjut sekolah lanjutan tingkat SMA
c.       Merespon, konseli diminta merespon secara tepat dan benar apa yang telah disampaikan oleh konselor.
d.      Konseli diminta untuk mendalami tentang kelebihan dan kekurangan sekolah lanjutan di setiap lanjutan
4.      Rasa (R) : perasaan konseli terhadap proses dan hasil layanan yang perlu diungkap adalah
a.       Perasaan konseli terhadap proses layanan dengan mengajukan pertanyaan “Bagaimana perasaannya terhadap proses layanan BK yang dilaksanakan sekarang?”
b.      Perasaan konseli terhadap hasil layanan dengan mengajukan pertanyaan “Bagaimana perasaannya terhadap hasil-hasil layanan BK yang dilaksanakan sekarang?”
       5.    Sungguh-sungguh (S) : konseli diminta, setelah layanan BK berakhir dan pulang kerumahnya untuk melaksanakan apa-apa yang disepakati selama layanan berlangsung.
B.     KES-T : melalui pendekatan transpormatif BMB3, hal-hal yang perlu dihindari konseli dalam menyikapi perbedaan sekolah lanjutan di SMA


C.    Ridho Tuhan, Bersyukur, Ikhlas dan Tabah
Melalui pendekatan transformatif BMB3 konseli diarahkan memohon ridho Tuhan Yang Maha Esa untuk mencapai apa yang diinginkan, bersyukur atas keberhasilannya, dan ikhlas serta tawakal jika ada yang belum terpenuhi sebagaimana yang diharapkan dan terus berusaha kelas untuk mencapainya.

     VII.     LANGKAH KEGIATAN
A.    LANGKAH PENGANTAR
1.    Mengucapkan salam selanjutnya mengajak konseli berdoa untuk memulai kegiatan konseling perorangan
2.    Melalui tanya jawab konseli memahami bahwa layanan konseling adalah bagian dari layanan BK yaitu untuk membantu mengenal diri sendiri, mengarahkan serta membantu untuk menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi dan menjadi pribadi yang mandiri..
B.     PENJAJAKAN
a)      Diungkapkan hubungan konseli dengan konselor
b)      Dijajaki kesiapan konseli untuk mengikuti proses selanjutnya
c)      Konseli diminta untuk menceritakan permasalahannya tentang pemilihan study lanjut diSMA
C.     LANGKAH PENAFSIRAN
a)      Bersama konseli disimpulkan pokok-pokok permasalahan yang dialaminya
b)      Didalami seluk beluk dan keterkaitan antara pokok permasalahan
D.    LANGKAH PEMBINAAN
a)      Meningkatkan pemahaman bahwa sekolah memiliki tujuan yang sama untuk mencerdasakan anak-anak bangsa
E.     LANGKAH PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
1.      Penilaian Hasil                    :
Diakhir proses pembelajaran/ pelayanan siswa diminta diminta merefleksikan  (secara lisan dan atau tertulis) apa yang mereka peroleh dengan pola BMB 3 dalam unsur-unsur AKURS:
a.       Berfikir            : apa yang konseli pikirkan tentang study lanjut (unsur A)
b.      Merasa             : apa yang konseli rasakan mengenai masalah yang sedang dialami
c.       Bersikap          : bagaimana konseli menyikapi untuk menyampaikan kelebihan dan kekurang ditiap sekolah lanjutan tingkat SMA
d.      Bertindak        : apa yang hendak konseli lakukan untuk mendengarkan, memahami, merespon permasahan.
e.       Betanggung Jawab: bagaiman konseli bertanggung jawab untuk menyikapi persoalan tentang study lanjut
2.      Penilaian Proses                  :
Melalui pengamatan dilakukan penilaian proses pembelajaran/ pelayanan untuk memperoleh gambaran tentang aktifitas siswa dan efektifitas pembelajaran/ pelayanan yang telah diselenggaranan.
3.      Penutup
Diakhir konseli diucapkan terimakasih atas kesedian konseli dengan konselor dan meminta untuk datang kembali bila ada permasalahan yang perlu dibahas.

                                                                         Bandar lampung
Guru pembimbing


Hendri
NPM 1211080087

Tidak ada komentar:

Posting Komentar