Sabtu, 24 Januari 2015

SEJARAH KAUR (ASAL MULA BINTUHAN)

CONTOH SATUAN LAYANAN BIMBINGAN KONSELING



SATUAN LAYANAN
BIMBINGAN KONSELING

Kelas                                       : VIII B
Semester/Tahun                       : II / 2014/2015
Hari / Tanggal                         : Kamis/15 januari 2015
Alokasi Waktu                        : 1x40 Menit
Tempat                                    : Ruang kelas VIII. B
Layanan / Bidang                    : Layanan Penguasaan Konten/ Bimbingan Belajar
Judul / Spesifikasi Layanan    : Motivasi Belajar
Fungsi Layanan                       : Pemahaman dan Penerapan
A. Tujuan (Khusus)                 :  1. Siswa dapat memahami macam-macam gaya belajar
2. Siswa dapat menerapkan gaya belajar yang sesuai dengan dirinya
B. Materi                                 : Terlampir (LKS, Terlampir)
C. Metode                               : Tanya jawab dan Ceramah.
D. Uraian Kegiatan                 :
Kegiatan Awal
1)      Guru menciptakan kondisi kelas yang kondusif sebelum memulai melaksanakan kegiatan bimbingan.
2)      Guru melakukan kegiatan apersepsi. Guru menyampaikan topik dan tujuan yang akan dibahas pada pertemuan ini
Kegiatan Inti
Eksplorasi :
1.      Guru menyampaikan tujuan penyampaian materi
2.      Guru memberikan ceramah tentang macam-macam gaya belajar
 Elaborasi :
1.      Siswa memperhatikan materi yang akan dibahas
2.      Siswa melakukan tanya jawab tentang masalah macam-macam gaya belajar
Konfirmasi :
1.      Guru memberikan arahan serta motivasi kepada siswa dalam rangka mengenali macam-macam gaya belajar

Kegiatan Akhir
a.       Siswa diminta menyampaikan manfaat yang diperoleh setelah menerima layanan
b.      Pembimbing menyampaikan harapan setelah siswa menerima materi layanan.
E.      Alat dan Media    : LCD Projector, Laptop
F.      Rencana Penilaian dan Tindak Lanjut
Penilaian Proses
Mengamati perhatian, respon dan aktifitas siswa saat kegiatan layanan berlangsung
Penilaian Hasil
Laiseg
Memberikan pertanyaan pada siswa secara lisan untuk mengetahui seberapa jauh kemampuan siswa dalam memahami materi yang telah diberikan
Laijapen
Bekerja sama dengan guru mata pelajaran untuk memantau perkembangan siswa dalam hal cara belajar
Laijapan
Melakukan komunikasi dengan siswa dalam jangka waktu tertentu

Bandar lampung januari 2015
Guru Pembimbing


Hendry


LAPORAN PELAKSANAAN LAYANAN
BIMBINGAN BELAJAR

Judul                           : Motivasi Belajar
Kelas                           : VIII B
Waktu Pelaksanaan     : Sabtu, 15 januari 2015
Hasil                            : Tidak ada siswa yang mengalami kesulitan dalam menerapkan gaya yang efektif dan efisien di sekolah maupun di rumah. Namun, guru tetap memantau perkembangan siswa dan terus memotivasi siswa dalam belajar.

Kegiatan Awal:
Guru memasuki ruangan dengan wajah yang ramah dan dengan tersenyum manis. Kemudian guru mengucapkan salam (selamat pagi) dan menanyakan kabar siswa. Setelah itu, guru mengambil buku absensi siswa dan mulai memanggil nama siswa satu persatu untuk diabsen. Kemudian guru menyampaikan judul materi yang akan di bahas pada pertemuan itu.
Kegiatan Inti:
Guru menyampaikan materi tentang pengertian Gaya Belajar dan menjelaskan mengenai Macam-Macam Gaya Belajar. Kemudian siswa diminta untuk mengisi angket lembar pertanyaan mengenai pola/cara belajar siswa di rumah maupun di sekolah. Guru melaksanakan sesi Tanya jawab kepada siswa untuk mengetahui sejauh mana tingkat pemahaman siswa terhadap materi yang telah di berikan. Setelah itu, guru menganalisis hasil pertanyaan cara belajar siswa di rumah maupun di sekolah untuk menentukan siswa yang telah baik cara belajarnya dan yang perlu di benahi cara belajarnya agar menjadi efektif dan efisien.
Kegiatan Akhir:
Guru meminta siswa untuk menyampaikan manfaat yang diperoleh dengan adanya pemberian materi layanan tentang Macam-Macam Gaya Belajar. Kemudian guru menyampaikan harapan kepada siswa mengenai materi tersebut.

Penilaian:
Selama kegiatan pemberian materi layanan tentang Macam-Macam Gaya Belajar, kondisi atau suasana kelas tidak kondusif/ tidak nyaman karena ada murid yang memprovokasi membuat kegaduhan di dalam kelas. Saat diadakan sesi Tanya jawab, banyak siswa yang antusias untuk bertanya seputar materi yang telah diberikan.
Lampiran 1
MATERI LAYANAN
Macam-Macam Gaya Belajar
Kita tidak bisa memaksakan seorang anak harus belajar dengan suasana dan cara yang kita inginkan karena masing masing anak memiliki tipe atau gaya belajar sendiri-sendiri. Kemampuan anak dalam menangkap materi dan pelajaran tergantung dari gaya belajarnya.
Menurut DePorter dan Hernacki (2002), gaya belajar adalah kombinasi dari menyerap, mengatur, dan mengolah informasi. Terdapat tiga jenis gaya belajar berdasarkan modalitas yang digunakan individu dalam memproses informasi (perceptual modality).
1.   VISUAL (Visual Learners)
Gaya Belajar Visual (Visual Learners) menitikberatkan pada ketajaman penglihatan. Artinya, bukti-bukti konkret harus diperlihatkan terlebih dahulu agar mereka paham Gaya belajar seperti ini mengandalkan penglihatan atau melihat dulu buktinya untuk kemudian bisa mempercayainya. Ada beberapa karakteristik yang khas bagai orang-orang yang menyukai gaya belajar visual ini. Pertama adalah kebutuhan melihat sesuatu (informasi/pelajaran) secara visual untuk mengetahuinya atau memahaminya, kedua memiliki kepekaan yang kuat terhadap warna, ketiga memiliki pemahaman yang cukup terhadap masalah artistik, keempat memiliki kesulitan dalam berdialog secara langsung, kelima terlalu reaktif terhadap suara, keenam sulit mengikuti anjuran secara lisan, ketujuh seringkali salah menginterpretasikan kata atau ucapan.

 2.     AUDITORI (Auditory Learners )
Gaya belajar Auditori (Auditory Learners) mengandalkan pada pendengaran untuk bisa memahami dan mengingatnya. Karakteristik model belajar seperti ini benar-benar menempatkan pendengaran sebagai alat utama menyerap informasi atau pengetahuan. Artinya, kita harus mendengar, baru kemudian kita bisa mengingat dan memahami informasi itu. Karakter pertama orang yang memiliki gaya belajar ini adalah semua informasi hanya bisa diserap melalui pendengaran, kedua memiliki kesulitan untuk menyerap informasi dalam bentuk tulisan secara langsung, ketiga memiliki kesulitan menulis ataupun membaca.

 3.  KINESTETIK (Kinesthetic Learners)
Gaya belajar Kinestetik (Kinesthetic Learners) mengharuskan individu yang bersangkutan menyentuh sesuatu yang memberikan informasi tertentu agar ia bisa mengingatnya. Tentu saja ada beberapa karakteristik model belajar seperti ini yang tak semua orang bisa melakukannya. Karakter pertama adalah menempatkan tangan sebagai alat penerima informasi utama agar bisa terus mengingatnya. Hanya dengan memegangnya saja, seseorang yang memiliki gaya  ini bisa menyerap informasi tanpa harus membaca penjelasannya.


LKS
(LEMBAR KERJA SISWA)

DAFTAR PERTANYAAN YANG DIGUNAKAN UNTUK MENGETAHUI GAYA BELAJAR SISWA DI RUMAH
1.      Apakah anda selalu mendokumentasikan setiap kegiatan yang di selenggarakan oleh guru bimbingan dan konseling?
2.      Apakah anda selalu mengulang materi yang telah diberikan saat di sekolah setiap hari?
3.      Apakah anda lebih memahami materi dengan cara menghafal?
4.      Apakah saat ini anda belajar dengan cara memahami teori dan melakukan apa yang ada pelajari dalam bentuk gerakan?
5.      Apakah anda pernah mengadakan belajar kelompok guna membantu anda memahami materi yang telah di berikan?
Isilah sesuai dengan apa yang anda rasakan / kondisi anda saat ini, kemudian kumpulkan jawaban kepada Guru Pembimbing untuk melakukan wawancara terhadap gaya belajar yang anda terapkan, demi kelancaran proses belajar mengajar.
SATUAN LAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING
Kelas
VIII B
Semester/Tahun
II / 2014/2015
Hari/Tanggal
Kamis / 15-01-2015
Alokasi Waktu
1 x 40 menit
Tempat
Ruang Kelas VIII B
Bidang
Bimbingan Belajar
Judul/Spesifikasi Layanan
Cara Belajar Efektif Dan Efisien Siswa Kelas VIII
Fungsi Layanan
Layanan Pemahaman dan Pengembangan
A.    Tujuan (khusus)
1.      Siswa dapat memiliki sikap, kebiasaan dan ketrampilan belajar yang efektif dan efisien.
2.      Siswa dapat mengembangkan sikap, kebiasaan dan ketrampilan belajar yang efektif dan efisien.
B.     Materi
Terlampir (LKS, Terlampir)
C.     Metode
Ceramah, Tanya jawab, Diskusi
D.    Uraian Kegiatan
A.  Kegiatan Awal
ü  Guru BK memberi ucapan salam.
ü  Guru BK mengecek kehadiran siswa (absensi).
ü Guru BK mengkondisikan siswa untuk mengikuti kegiatan bimbingan.

B.   Kegiatan Inti
  1. Eksplorasi
·           Siswa diberi informasi mengenai Cara Belajar Efektif Dan Efisien
2.      Elaborasi
ü  Guru BK menjelaskan mengenai pentingnya Cara Belajar Efektif Dan Efisien
ü  Guru BK mengarahkan siswa untuk bertanya disela-sela penjelasan materi.

3.      Konfirmasi
ü  Guru BK memberikan feedback kepada siswa terhadap hasil dari eksplorasi dan elaborasi.
ü  Guru BK mengarahkan siswa untuk mengutarakan dan mendiskusikan ketertarikan siswa untuk menerapkan Cara Belajar Efektif Dan Efisien

C.  Kegiatan Akhir
ü  Guru BK meminta siswa untuk menyampaikan teknik yang diperoleh dari kegiatan yang dilakukan.
ü  Guru BK mengakhiri kegiatan.
E.     Alat dan Media
LCD projector, laptop, Lembar Pertanyaan
F.      Rencana Penilaian dan Tindak Lanjut
1.      Penilaian Proses
Pembimbing mengamati respon para siswa saat pemberian kegiatan layanan.
2.      Penilaian Hasil setelah pemberian layanan. 
v  Layanan Segera
Memberikan pertanyaan kepada siswa apakah ada kendala yang menghalangi siswa untuk menerapkan Cara Belajar Efektif Dan Efisien dalam belajarnya.
v  Tindak Lanjut
Memberikan layanan konseling pada siswa yang mengalami kesulitan dalam menerapkan Cara Belajar Efektif Dan Efisien.


H.    Pendidikan Karakter
Siswa dapat memahami dan mengerti serta dapat merefleksikan Cara Belajar Efektif Dan Efisien di rumah maupun di sekolah.
I.       Buku Sumber



Bandar Lampung 10 Januari 2015
Perencana Pelayanan,

Heneri